English in Daily Conversation, Sanggupkah?

Does it happen to you that sometime you feel frustrated because you find yourself unable to express yourself clearly, and yet when you hear native speakers, you feel that it is so simple and easy? or have you ever feel so embarrassed while you run out of vocabulary and just say.. ‘eeee….? %%^&#*@!

Mungkin kita pernah mengalami hal demikian ketika kita mencoba mengkomunikasikan secara verbal dalam bahasa asing. Merasa gugup, panas dingin, bahkan tulalit ketika kita hendak mengekspresikan diri (dalam hal ini bahasa inggris) yang saat ini menjadi keharusan dalam desakan arus globalisasi.  Tapi, pernahkah Anda membayangkan, suatu saat nanti Anda mahir dalam bahasa asing, tidak hanya mampu memahami pembicaraan orang lain, namun efektif memiliki keteramilan dalam berkomunikasi?

Jika kita pernah membayangkannya, kenapa tidak untuk terus melatih diri dan menguasainya, sehingga menjadi nilai plus bagi diri kita? Jika kita seorang muslim, maka wajib hukumnya menuntut ilmu dan mengamalkannya. Nah, jika ini menjadi motivasi dalam diri, insya Allah secara perlahan namun pasti, kita pasti bisa menguasainya.

Kendala yang Kerap Kali Terjadi

Bisa jadi masalah utama yang sering terjadi adakah karena dalam diri kita sendiri, seperti ketidakpercayaan diri, tidak siap mental, dan takut salah mengekspresikan diri. Namun saya rasa, kita semua pasti memiliki daya dobrak untuk meruntuhkan semua sifat negatif tadi, yang pasti hanya menghambat laju perkembangan potensi kita. Oleh karena itu, dibutuhkan keberanian dan tekad yang kuat membalikkan keadaan. Percayalah, kita pasti bisa!

Selain itu, masalah penunjang yang sering kali terjadi adalah kurangnya waktu jam terbang ‘show time’ untuk berbicara dalam bahasa inggris, kurangnya kosakata, kurangnya kemampuan untuk membingkai kata demi kata, sehingga belum habis kita bernafas, kalimat sudah berhenti karena kehabisan kata dan ide untuk merangkai kata.

Percayalah, jika ini masalahnya, bukan berarti tidak ada solusinya, dan pasti ada solusinya, asalkan kita mau berusaha, dan mau mengubah kekurangan kita menjadi kekuatan kita.

Langkah Awal Agar Kita Cakap Berbahasa Inggris

Saya menulis artikel ini bukan berarti saya sudah mahir berbicara dalam bahasa inggris, namun tidak ada salahnya jika saya berbagi semangat dan motivasi kepada rekan-rekan sesama muslim untuk meningkatkan potensi berbahasa kita. Let’s check it out!

Sebenarnya, ada tiga potensi utama yang harus kita kembangkan dalam diri kita jika kita hendak cakap dalam berbahasa. Dan ketiga potensi utama ini sudah kita pelajari sejak SD dahulu. Yaitu, potensi membaca,mendengarkan, dan berbicara. Ketiga hal ini merupakan aspek terpenting dalam bahasa apapun. Meskipun sejatinya waktu kita masih bayi pola yang terjadi adalah mendengarkan, kemudian berbicara, selanjutnya membaca dan menulis, namun dengan menggali potensi dari membaca, mendengarkan, kemudian berbicara (kebalikan dari tatanan dasar) adalah langkah praktis untuk mempraktekan bahasa inggris.  Berikut adalah link yang dapat memacu potensi berbahasa inggris kita secara online.

http://www.talkenglish.com

http://www.focusenglish.com

http://www.englishdaily626.com

dan yang lainnya.

Percayalah, membaca dan mendengarkan tidak akan cukup untuk membuat kita cakap dalam berbahasa Inggris maupun bahasa lainnya. Jika kita tidak membiasakan lidah kita untuk berbicara, maka rasanya akan kelu ketika kita hendak mengeluarkan satu kata pun. Singkatnya, beranikan diri untuk mengekspresikan diri. Tidak ada kata terlambat untuk mengejar ketertinggalan kita. Selamat mencoba, Lets enjoy learning English!

NB: Bagi rekan-rekan yang punya saran lain, silahkan berbagi sesama. Terima kasih..🙂

Akheededi

# Alon-alon asal klakon. Slow but sure, brader!

About tetapbergerak
Seorang Mahasiswa yang berusaha menapaki jalan hidup ini dengan kepala tegak, bukan berarti sombong, bukan berarti arogan, apalagi egaliter, tapi mencoba teguh atas tantangan yang sudah didepan mata. Mencoba berfikir kritis, dan mencari solusi terbaiknya. Karena hanya dengan itu, saya masih bisa bergerak menyongsong perubahan.

One Response to English in Daily Conversation, Sanggupkah?

  1. Ordinary Boy says:

    Great note.. inspiring, indeed..😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: