Serba “Ter” di Palestina

Berawal dari kewajiban untuk melakukan perbaikan ATM BRI di Gedung Cyber I Kuningan Barat 27 Juli 2010 lalu, ada lembar buletin jum’at tergelatak tak bertuan di lantai Mushalla lantai 1. Karena tergesa untuk shalat maghrib berjama’ah, buletin tersebut hanya ku lipat dan ku masukkan dalam saku baju, tanpa menghiraukan apa isi dari buletin tersebut.

sesampainya di rumah, tersentak ketika aku mulai membacanya.. eng ing eng.. ternyata tentang rekor yang terpecahkan di Palestina yang diulas oleh buletin Oase, yang dikeluarkan oleh LSM  ACT (Aksi Cepat Tanggap). Sungguh membuat hati ini kembali terpanggil untuk mengetahui lebih dalam tentang kondisi Palestina terkini. Tanpa izin copy-paste terlebih dahulu, berikut adalah isi dari buletin jum’at tersebut… mudah-mudahan menambah wawasan kita tentang Palestina.

***

“Kemudian Kami berikan kepadamu giliran untuk mengalahkan mereka, Kami membantumu dengan harta kekayaan dan anak-anak, dan Kami jadikan kamu kelompok yang lebih besar” (QS. Al Israa: 6)

TAHU Guinness World Records? Inilah lembaga terkemuka yang mencatat hal-hal yang serba “ter” di muka bumi. Dari yang terpanjang, terkecil, terbesar, tertua dan rekor-rekor “ter” yang lain.

Tahukah apa yang bisa dicatat Guinness World Records jika mereka pergi ke Palestina? Ini dia:

Tahanan terlama di seluruh dunia

Pada akhir 2007, jumlah tahanan Palestina yang menghabiskan waktu lebih dari lima belas tahun di penjara Zionis mencapai 232 orang. Di antara mereka ada yang melewati waktu lebih dari dua puluh tahun. Bahkan, yang menhabiskan waktu dalam penjara lebih dari seperempat abad tak kurang dari 10 tahanan. Mereka semua memiliki hak untuk didaftarkan nama-nama mereka secara individual dan kolektif dalam Guinness World Records.

Penjara terbesar di dunia

Di sekeliling Jalur Gaza terdapat pagar tembok terbesar di dunia yang berfungsi sebagai pemisah. Ini membuat Gaza menjadi seperti penjar terbesar di dunia dalam sejarah modern. Panjang tembok tersebut 3 kali lipat dari panjangnya tembok Berlin. Bahkan ketinggiannya juga 2 kali lipat darinya.

Memiliki tahanan terbanyak

Para “tahanan” itu berada di antara dinding pemisah yang mengisolasi warga Palestina. Jumlah “tahanan” mencapai 3 juta orang. Meliputi puluhan kota dan ratusan desa yang dikelilingi oleh dinding tinggi tersebut.

Menteri dan Anggota Dewan terbanyak dipenjara

Jumlah menteri dalam pemerintah Palestina yang dipenjara rezim Zionis mencapai 7 menteri. Sedang 40 wakil dari majelis konstitusi Palestina juga terbelenggu dalam penjara penjajahan.

Gadis termuda yang dibunuh

Ada wanita termuda usianya yang dibunuh oleh Zionis. Usianya belum mencapai 10 hari. Dia juga menjadi korban terkecil dan termuda di dunia.

Separuh bangsa ditangkap dan dipenjara

Jumlah tahanan Palestina mencapai 700 ribu. Jika dihitung sejak awal penjajahan Zionis hingga kini, terjadi penangkapan satu dari empat warga Palestina. Sebagian besar dari para tahanan adalah laki-laki dewasa. Sebanyak 42% warga laki-laki di Palestina pernah merasakan penjara.

Tahanan paling muda diseluruh dunia

Penjara zionis memiliki tahanan anak-anak paling belia di dunia.

Peluru terbanyak yang bersarang dalam tubuh gadis cilik

30 butir peluru menembuh tubuh perempuan muda yang masih berumus tidak lebih dari 13 tahun. Hal itu terjadi setelah dirinya tertembus peluru sniper saat hendak pergi ke sekolah. Tubuhnya tergeletak di jalan masih menggenggam tas sekolah.

Penistaan tempat suci terbanyak

Telah terjadi penistaan lebih dari 200 mesjid di daerah yang dijajah sejak 1948. Masjid-masjid diubah menjadi bar dan klub-klub malam, rumah-rumah, restoran dan tempat maksiat.

Tahanan pelarar dan mahasiswa terbanyak

Pasukan penjajah telah menahan lebih dari 1.175 siswa, termasuk 330 anak-anak di bawah usia delapan belas tahun. Sekolah dan universitas ditutup terbanyak. Jumlah sekolah dan perguruan tinggi yang ditutup pada tahun 2006 oleh rezim Zionis berjumlah 12 sekolah dan 1 universitas.

Lembaga pendidikan yang hancur

Pada tahun 2006, jumlah lembaga pendidikan yang hancur sebanyak 359 buah. Termasuk kantor-kantor dan direktorat pendidikan dan universitas telah berubah menjadi barak militer.

Para siswa dibunuh oleh peluru penjajah

Jumlah siswa yang syahid oleh peluru tentara penjajah mencapai 848 siswa dari berbagai sekolah-sekolah dan kampus. Dan jumlah siswa –laki-laki dan wanita- dan staf yang terluka oleh karena peluru penjajah mencapai 4.792 siswa-siswi dan staf.

Pohon-pohon yang dihancurkan

Jumlah pohon-pohon yang dihancurkan mencapai 13.572.896 pohon. Menghancurkan lebih dari 784 gudang pertanian dan 788 peternakan ayam berikut dengan peralatan yang juga dihancurkan. Sebanyak 14.829 ekor kambing domba yang disembelih, sapi dan unggas yang dibunuh mencapai 12.151 serta memusnahkan 16.549 perkebunan kurma dan menghancurkan 425 sumur. Rumah-rumah petani yang hancur total sebanyak 207 rumah. Dan semua terjadi dalam tahun 2006.

Tingkat kemiskinan tertinggi didunia

Tingkat kemiskinan di wilayah Palestina karena adanya blokade, mencapai 75%. Menurut hasil survei pada tahun 2007.

Pos pemeriksaan terbanyak

Pasukan penjajah membuat titik blokade dan titik pemeriksaan pada wilayah yang diduduki dan secara keseluruhan selalu mobile (berpindah-pindah). Adapun yang permanen berjumlah 763 pos.

Rezim apartheid pertama

Palestina yang dijajah merupakan tempat terbesar yang diterapkannya sistem apartheid. Bangsa Palestina hanya mungkin menggunakan tak lebih dari 50 meter kubik air pertahun. Sedangkan orang Yahudi memungkinkan penggunaan air lebih dari 2.400 meter kubik setiap tahun yang berasal dari perairan di Tepi Barat. Pendapatan per kapita di dalam entitas Yahudi 30 kali pendapatan per kapita Palestina. Bersamaan dengan itu warga Palestina terpaksa membeli barang dengan harga pasar yang diduduki oleh entitas Yahudi.

Tidak hanya pada standar itu. Persoalan Palestina menjadi isu paling banyak ditulis dalam berbagai artikel dan buku. Paling banyak resolusi internasional yang dikeluarkan, paling banyak permasalahan yang hadir dalam berbagai media dan berita, didialogkan dalam berbagai pertemuan, konferensi dan forum, demonstrasi-demonstrasi, kutukan dan kecaman. Tempat ini juga menjadi tempat penutupan paling banyak lembaga-lembaga sosial dan kemanusiaan. Pada tahun 2007 saja rezimm Zionis telah menutup lebih dari 70 lembaga kemanusiaan setelah lebih dahulu dibekukan dan dicuri seluruh asetnya.

Oase, Buletin Jum’at, Edisi 25/2010

About tetapbergerak
Seorang Mahasiswa yang berusaha menapaki jalan hidup ini dengan kepala tegak, bukan berarti sombong, bukan berarti arogan, apalagi egaliter, tapi mencoba teguh atas tantangan yang sudah didepan mata. Mencoba berfikir kritis, dan mencari solusi terbaiknya. Karena hanya dengan itu, saya masih bisa bergerak menyongsong perubahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: