Untukmu Bangsaku!

anak_indonesiaSejarah telah dipenuhi, diwarnai, dan diperkaya dengan semangat juang pahlawan nasional yang berjuang dengan sekuat tenaga untuk menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dialah Ki Hajar Dewantara yang menjadi salah satu pahlawan dan pelopor bangkitnya pendidikan bangsa kita. Dengan keikhlasan perjuangan yang ia torehkan, hingga kini kita bisa merasakan dahsyatnya ilmu pengetahuan. Hingga bangsa Indonesia pun menjadi salah satu bangsa yang disegani pada saat itu dengan khasanah keilmuan yang dimilikinya.

Namun apa daya, saat ini Indonesia tengah dilanda penyakit yang tak kunjung sembuh. Bertahun-tahun sejak kepemimpinan orde baru hingga pasca reformasi, Indonesia belum mampu menunjukan hasil karya bangsanya kepada dunia. Seakan-akan bangsa Indonesia malu menunjukan potensi keilmuan yang dimilikinya, dibandingkan aib bangsa yang secara terang-terangan diumbar oleh media massa. Sebut saja tingkat kemiskinan yang kian meningkat setiap tahunnya, krisis ekonomi, korupsi, dan segudang ‘pe-er’ yang harus segera diselesaikan, menjadi coreng tersendiri bagi wajah bangsa Indonesia.


Lantas kemanakah para intelektual kaum muda yang seharusnya menjadi tonggak sejarah masa depan Indonesia?? Apakah makna semangat juang yang terkandung dalam Hari Pendidikan Nasional, tak lagi meresap dalam sanubari pemuda Indonesia untuk kembali merebut kemerdekaan dari cengkraman krisis yang berkepanjangan?? Ataukah memang bangsa kita sudah digariskan menjadi negara ‘berkembang-terbelakang’ akibat para koruptor yang tega mengkantongi dana pendidikan, dan dana pembangunan lainya, yang seharusnya menjadi modal bagi bangsa ini untuk memperbaiki keadaan??

Oleh karena itu, kini sudah saatnyalah kita terbangun dari mimpi-tidur kita yang melenakan! Kini sudah saatnyalah kita bangkit bersama menatap dan membangun masa depan! Menyusun ulang puzzle bangsa kita yang hancur berantakan akibat degradasi moral. Dan tentunya tak lain dan tak bukan, kita harus cerdas untuk mencerdaskan bangsa ini dari kebodohan. Sehingga bangsa kita menjadi negeri indah Indonesia! Let’s move brothers!

KAMMI Komisariat IT Telkom

Bersama KAMMI songsong kebenaran!

About tetapbergerak
Seorang Mahasiswa yang berusaha menapaki jalan hidup ini dengan kepala tegak, bukan berarti sombong, bukan berarti arogan, apalagi egaliter, tapi mencoba teguh atas tantangan yang sudah didepan mata. Mencoba berfikir kritis, dan mencari solusi terbaiknya. Karena hanya dengan itu, saya masih bisa bergerak menyongsong perubahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: