Tafsir Filosofi Gerakan KAMMI

logo-kammi-revisi

A. Definisi Visi, Misi, dan Paradigma

Dalam makna global, visi merupakan esensi dari sebuah ide besar yang terlintas dalam benak seseorang atau sebuah organisasi yang pada intinya menyangkut masa depan ke mana seorang atau organisasi hendak diarahkan hingga menghasilkan suatu karya yang konsisten dan dinamis. Seperti mimpi, sebuah visi terkesan hanya sebuah angan-angan. Yang membedakan hanyalah tataran misi dan strategi yang jelas dan terencana. Sehingga visi tersebut terealisasikan dengan aksi-aksi yang jelas, dan terukur. Dan tentunya yang akan membedakan antara visi dengan mimpi atau angan-angan kosong yang tanpa aksi. Namun sebaliknya, jika sebuah aksi-aksi dilakukan tanpa sebuah visi dan perencanaan yang jelas, energi dan usaha yang terkeluarkan hanya sebuah hasil tanpa makna.

Begitu pula dengan misi. Secara garis besar, misi merupakan suatu tahapan dalam rangka perwujudan atau pencapaian sebuah visi. Dengan penjabaran rumusan sebuah visi akan dihasilkan misi-misi yang merupakan grand design dari beberapa langkah strategis untuk pencapaian visi tersebut. Konsep ideal dari visi-misi yang akan melahirkan aksi-aksi yang strategis diterjemahkan lagi menjadi sebuah tujuan. Maksudnya adalah sebuah cita-cita yang lebih riil dari visi-misi tersebut. Sehingga dengan acuan visi-misi maka tujuan seseorang atau sebuah organisasi dapat ditentukan yang nantikan tercermin dalam setiap program kerja.

Sebuah visi yang dijabarkan secara global dalam misi, memiliki keterkaitan dengan sebuah paradigma atau cara pandang seseorang atau organisasi mengenai sesuatu hal. Paradigma inilah yang mengantar pemikiran seseorang terhadap sesuatu dari sisi yang berbeda. Dan dari paradigma inilah yag akan membingkai pemahaman sesorang akan sesuatu hal. Keterkaitannya dengan visi-misi dalam sebuah organisasi, memungkinkan menyeiramakan pergerakan organisasi tersebut agar tetap dalam bingkai yang telah direncanakan dan ditentukan. Hal ini lah yang akan menuntun dalam pencapain visi melalui garis besar kerja sebuah misi.

B. Definisi dan Tafsir Visi, Misi, serta Paradigma Gerakan KAMMI

Berdasarkan Risalah Manhaj Kaderisasi 1427 H KAMMI, landasan filosofi gerakan KAMMI mencakup visi, misi, prinsip, karakter organisasi, paradigm gerakan, unsur-unsur perjuangan dank redo gerakan KAMMI. Namun yang akan diulas dalam bahasan kali ini hanyalah visi, misi dan paradigm gerakan KAMMI.

Visi KAMMI

KAMMI adalah wadah perjuangan permanen yang akan melahirkan kader-kader pemimpin bangsa masa depan yang tangguh dalam upaya mewujudkan masyarakat Islami di Indonesia.

Berdasarkan visi tersebut, dapat ditafsirkan bahwa pergerakan KAMMI naungan pergerakan yang mencita-citakan lahirnya kader-kader pemimpin bangsa untuk mewujudkan masyarakat Islami di Indonesia. Krisis multidimensi yang berkepanjangan bagi bangsa ini, telah mengantarkan KAMMI menjadikan dirinya sebagai organisasi pengkaderan pemuda muslim yang merupakan langkah praktis untuk mengembalikan kemuliaan diri dan bangsa umat Islam. Wadah perjuangan permanen dapat diartikan sebagai naungan organisasi yang konsisten menggemakan suara kebenaran, hingga win-win solutions bagi kemajuan bangsa ini. Perjuangan permanen yang melahirkan kader-kader pemimpin bangsa ini mengindikasikan pula bahwa KAMMI dalam filosofi pergerakannya mencita-citakan lahirnya kader-kader penerus bangsa dengan kultur keIslaman dan kuatnya pondasi keimanan, sehingga kekuatan bangunan internal KAMMI memungkinkan untuk terus melakukan perjuangan dari ketidakadilan. Sementara itu, masyarakat islami merupakan tujuan pergerakan KAMMI. Dalam hal ini, Islam yang sebagai rahmatan lil ‘alamin mampu menjadi solusi utama dari permasalahan bangsa, sehingga dari kehidupan bernegara baik dari sektor nasional hingga yang sektor terkecil dalam suatu bangsa, mencirikan kekhasan dan keistimewaan ajaran Islam yang dapat diaplikasikan dalam setiap aspek kehidupan.

Misi KAMMI

1. Membina keislaman, keimanan, dan ketaqwaan mahasiswa muslim Indonesia.
2. Menggali, mengembangkan, dan memantapkan potensi dakwah, intelektual, sosial, dan politik mahasiswa.
3. Mencerahkan dan meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang rabbani, madani, adil, dan sejahtera.
4. Memelopori dan memelihara komunikasi, solidaritas, dan kerjasama mahasiswa Indonesia dalam menyelesaikan permasalahan kerakyatan dan kebangsaan.
5. Mengembangkan kerjasama antar elemen masyarakat dengan semangat membawa kebaikan, menyebar manfaat, dan mencegah kemungkaran (amar ma`ruf nahi munkar).

Dari misi KAMMI tersebut, tergambarkan secara global bahwa ada keterikatan yang searah dengan visi yang dicita-citakan oleh KAMMI. Hal ini dapat dilihat dari kelima misi tersebut yang menyeluruh dalam pencapaian visi tersebut. Pembinaan keimanan, keislaman, dan ketaqwaan mahasiswa muslim menjadi langkah riil pertama yang dilakukan KAMMI sebelum melakukan aksi perjuangan dan pergerakan KAMMI itu sendiri. Sebab inilah modal utama seorang muslim dalam setiap aktifitasnya. Keimanan, keislaman, dan ketaqwaan menjadikannya selalu berada dalam bingkai ketundukan pada Allah swt semata.

Selanjutnya, potensi dakwah, daya intelektual, sosial, dan politik mahasiswa merupakan modal selanjutnya yang harus digali, dikembangkan, dan dimantapkan, sehingga dapat memacu pergerakan dan perjuangan KAMMI untuk terus menggelorakan semangat reformasi dan perbaikan dalam segala bidang. Dengan potensi dakwah, intelektual, sosial, dan politik menjadikan kader KAMMI mampu untuk memberikan solusi dan melakukan perubahan yang signifikan bagi bangsa ini. Di lain sisi, masyarakat madani, rabbani, adil, dan sejahtera yang merupakan cita-cita pergerakan KAMMI dilakukan dengan pencerahan dan peningkatan kualitas masyarakat Indonesia. Begitu pula dengan penyelesaian permasalahan bangsa, dilakukan dengan langkah strategis dalam mengoptimalkan peran mahasiswa Indonesia, yaitu dengan mempelopori dan memelihara komunikasi, solidaritas, dan kerja sama antar mahasiswa, dan elemen lain yang memiliki kesamaan tujuan untuk perbaikan bangsa. Khusus untuk pengembangan kerja sama antar elemen masyarakat dengan semangat membawa kebaikan, menyebar manfaat, dan mencegah kemungkaran (amar ma`ruf nahi munkar), mengantarkan KAMMI mencapai cita-cita mulia, yaitu masyarakat madani, rabbani, adil dan sejahtera.

Paradigma Gerakan KAMMI
1. KAMMI adalah Gerakan Da’wah Tauhid

Tafsir dari kalimat tersebut adalah
a. Gerakan Da’wah Tauhid adalah gerakan pembebasan manusia dari berbagai bentuk penghambaan terhadap materi, nalar, sesama manusia dan lainnya, serta mengembalikan pada tempat yang sesungguhnya: Allah swt.
b. Gerakan Da’wah Tauhid merupakan gerakan yang menyerukan deklarasi tata peradaban kemanusiaan yang berdasar pada nilai-nilai universal wahyu ketuhanan (ilahiyyah) yang mewujudkan Islam sebagai rahmat semesta alam (rahmatan lil ‘alamin).
c. Gerakan Da’wah Tauhid adalah gerakan perjuangan berkelanjutan untuk menegakkan nilai kebaikan universal dan meruntuhkan tirani kemungkaran (amar ma’ruf nahi munkar).

2. KAMMI adalah Gerakan Intelektual Profetik
Tafsir dari kalimat tersebut adalah
a. Gerakan Intelektual Profetik adalah gerakan yang meletakkan keimanan sebagai ruh atas penjelajahan nalar akal.
b. Gerakan Intelektual Profetik merupakan gerakan yang mengembalikan secara tulus dialektika wacana pada prinsip-prinsip kemanusiaan yang universal.
c. Gerakan Intelektual Profetik adalah gerakan yang mempertemukan nalar akal dan nalar wahyu pada usaha perjuangan perlawanan, pembebasan, pencerahan, dan pemberdayaan manusia secara organik.

3. KAMMI adalah Gerakan Sosial Independen
Tafsir dari kalimat tersebut adalah
a. Gerakan Sosial Independen adalah gerakan kritis yang menyerang system peradaban materialistic dan menyerukan peradaban manusia berbasis tauhid.
b. Gerakan Sosial Independen merupakan gerakan cultural yang berdasarkan kesadaran dan kesukarelaan yang berakar pada nurani kerakyatan.
c. Gerakan Sosial Independen merupakan gerakan pembebasan yang tidak memiliki ketergantungan pada hegemoni kekuasaan politik-ekonomi yang membatasi.

4. KAMMI adalah Gerakan Politik Ekstraparlementer
Tafsir dari kalimat tersebut adalah
a. Gerakan Politik Ekstraparlementer adalah gerakan perjuangan melawan tirani dan menegakkan demokrasi egaliter.
b. Gerakan Politik Ekstraparlementer adalah gerakan social cultural dan struktural yang berorientasi pada penguatan rakyat secara sistematis dengan melakukan pemberdayaan institusi-institusi sosial/rakyat dalam mengontrol proses demokrasi formal.

C. Urgensi Visi, Misi, dan Paradigma bagi Gerakan KAMMI

Jika ditinjau dalam filosofi gerakan KAMMI, urgensi visi, misi, dan paradigma bagi gerakan KAMMI yang sangat vital adalah sebagai landasan utama dan spirit perjuangan yang menjiwai gerakan KAMMI. Dari filosofi gerakan inilah diharapkan lahirnya kader-kader KAMMI dengan kultur gerakan yang khas dan istimewa. Sehingga ciri yang melekat dari kader yang ingin dihasilkan dari filosofi gerakan ini adalah integritas dan progresivitas kader di medan amal perjuangan Islam. Selain itu, keterkaitan visi-misi, dan paradigma bagi gerakan KAMMI sangat menentukan keseuaian pergerakan KAMMI dengan hal yang dicita-citakan, sehingga penentuan langkah strategis yang harus diambil tidak menyimpang dari landasan filosofi gerakan KAMMI.

4. Kesimpulan

KAMMI yang merupakan wadah permanen pergerakan dan perjuangan kemahasiswaan Indonesia, mendambakan perubahan yang signifikan bagi bangsa Indonesia dan keluar dari keterpurukan krisis multi dimensi yang melanda bangsa ini. Hal ini terlihat jelas dari visi yang ingin dicapai KAMMI beserta misi-misi pendukungnya. Lebih jauh lagi, berdasarkan landasan filosofi gerakan KAMMI yang mencakup visi, misi, prinsip, karakter organisasi, paradigma gerakan, unsur-unsur perjuangan dan kredo gerakan KAMMI, menjadikan KAMMI tetap berada dalam bingkai keIslaman. Landasan filosofi gerakan inilah yang merupakan landasan utama dan spirit perjuangan yang menjiwai pergerakan KAMMI. Dan dari landasan filosofi inilah diharapkan lahirnya kader-kader KAMMI dengan kekhasan dan keistimewaan yang tidak ada pada organisasi kemahasiswaan lainnya. Sementara itu, berdasarkan Risalah Kaderisasi Manhaj 1427 H, ciri yang melekat dari landasan filosofi ini adalah integritas dan progsetivitas kader di medan amal perjuangan Islam, dan mendambakan kejayaan umat Islam yang lahir dari pergerakan pemuda Islam. Oleh karena itu, KAMMI diharapkan dapat membawa angin segar bagi bangsa ini.

@kheededi_

waktu mau berangkat DM2…

About tetapbergerak
Seorang Mahasiswa yang berusaha menapaki jalan hidup ini dengan kepala tegak, bukan berarti sombong, bukan berarti arogan, apalagi egaliter, tapi mencoba teguh atas tantangan yang sudah didepan mata. Mencoba berfikir kritis, dan mencari solusi terbaiknya. Karena hanya dengan itu, saya masih bisa bergerak menyongsong perubahan.

5 Responses to Tafsir Filosofi Gerakan KAMMI

  1. AHSAN says:

    APAKAH KAMMI SUDAH MEYAKINI BAHWA VISI DAN MISI YANG KAMMI TAWARKAN TELAH TERREALISASIKAN .. ???

  2. wahyu hidayat says:

    aslm.salam gema da’wah.kaifa khaluk….KAMMI mana gerakanmu!!!Ane dari bem kota Tangerang berharap bendera KAMMI berkibar disini.balas.waslm

  3. Willy Mardian says:

    KAMMI = Politik but Politik >< Siayash Syar'iyah

    hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: