Dasar Kebutuhan Keamanan Jaringan

Keamanan jaringan komputer merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keamanan sistem informasi secara keseluruhan. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, memungkinkan jasa layanan informasi pun semakin luas dan begitu mudah didapatkan setiap tempat. Namun, dengan adanya kemudahan ini ternyata berimplikasi pada usaha seseorang untuk melakukan gangguan atau kecurangan dalam menggunakan teknologi tersebut. Apalagi, saat ini teknologi yang berkembang begitu pesat adalah internet yang melalui media jaringan komputer, baik wireline ataupun wireless.

Berbicara mengenai intenet, maka kita pun membicarakan ekspolrasi informasi secara bebas yang bisa kita dapatkan melalui media ini. Padahal di dalamnya terdapat sekumpulan jaringan yang menghubungkan satu titik ke titik lainnya. Kumpulan jaringan inilah yang menyediakan layanan mail server, website, dan penyimpanan informasi serta sistem pencarian lain yang dihubungkan ke internet dan dapat diakses oleh setiap orang yang terhubung ke internet.

Namun, seiring dengan kemudahan mendapatkan informasi melalui kemampuan internet, maka kita pun harus mencari perlindungan keamanan jaringan, dan mencari tahu perlindungan seperti apa yang digunakan untuk melindungi sekian banyak informasi. Karena dalam jaringan internet, tugas keamanan dan pemeliharaan jaringan diserahkan kepada penyedia layanan internet (ISP, Internet Service Provider) yang tugasnya adalah mencegah para hacker mengacau informasi yang telah disimpan dengan terarur dan tersusun rapi.

Salah satu cara untuk melindungi sebuah website, mail server, FTP server, atau sumber informasi lainnya yang terhubung ke web, adalah dengan Firewall. Firewall adalah sebuah peranti keamanan dasar yang berada di ujung koneksi internet dan berfungsi sebagai internet border security officer. Secara konstan, peranti ini mengawasi seluruh aliran yang keluar dan masuk ke koneksi internet.

Oleh karena itu, bagi siapa saja, baik itu perorangan maupun perusahaan, jika ingin koneksi ke internet, maka kita butuh sebuah firewall. Karena bisa saja komputer yang terhubung koneksi internet mendapat serangan terhadap data yang penting atau pribadi oleh siapa pun dan di mana pun di dunia ini, walaupun internet menawarkan beragam informasi dari seluruh dunia.

Sinergitas Keamanan dan Kenyamanan Jaringan

Kini sudah bukan rahasia lagi, jika virus, worm, serangan denial-of-service (DoS), hacking, dan lainya akan selalu mengancam kerentanan sistem keamanan terhadap komputer anda. Sehingga langkah yang paling mudah untuk mengantisipasi serangan tersebut adalah dengan menginstal firewall, antivirus, atau sistem keamanan lainnya. Karena secara default, sistem keamanan yang kita instal akan mencegah aliran jaringan melewati internet dan jaringan internal agar tidak keluar masuk seenaknya saja. Nah, firewall atau antivirus atau yang lainnya lah yang akan mengizinkan atau menolak aliran data berdasarkan aturan-aturan yang ditetapkan oleh penggunanya. Dengan kata lain, data-data penting yang ada dalam jaringan komputer kita terlindungi dari serangan-serangan yang tidak bertanggung jawab.

Walaupun jika kita menginstal firewall, atau sistem keamanan lainnya dalam komputer kita, bukan berarti tidak ada permasalahan lainnya selepas itu. Karena, jika keamanan jaringan semakin ketat atau bahkan super ketat mengawasi aliran data yang keluar masuk komputer kita, maka akan mengimplikasikan hal yang berbeda, yaitu kenyamanan penggunan dalam menggunakan fasilitas komputer termasuk jasa layanan internet akan semakin terganggu. Oleh karena itu, diperlukan keseimbangan dalam melakukan instalasi dan pengaturan penjagaan (security alert) aliran data ini. Agar antara keamanan dan kenyamanan dapat berjalan secara sinergi.

Namun sebaliknya, jika kita tidak memiliki sistem keamanan yang memadai, atau rentan dengan tidak memiliki firewall, berarti dalam setiap koneksi internet ke dalam jaringan anda akan diizinkan dan tidak ada penyortiran inspeksi paket untuk menentukan apakah ada serangan tersembunyi di dalam paket yang masuk. Sehingga, jika tidak memiliki sistem keamanan yang baik, maka siap-siap saja menerima kerugian yang tak terperkirakan sebelumnya.

@keededi _

About tetapbergerak
Seorang Mahasiswa yang berusaha menapaki jalan hidup ini dengan kepala tegak, bukan berarti sombong, bukan berarti arogan, apalagi egaliter, tapi mencoba teguh atas tantangan yang sudah didepan mata. Mencoba berfikir kritis, dan mencari solusi terbaiknya. Karena hanya dengan itu, saya masih bisa bergerak menyongsong perubahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: